Merungkai Fakta Gunung Pelangi yang Disebut dalam Al Quran

Rainbow Mountain alias Gunung Pelangi, itulah keajaiban alam yang berada di dalam wilayah Zhangye-Danxia Geological Park. Bukan gunung biasa, sesuai dengan namanya, gunung ini mempunyai garis-garis berwarna-warni menyerupai pelangi - sembang pacak


Merungkai Fakta Gunung Pelangi yang Disebut dalam Al Quran ~

Zhangye - Di China, ada Gunung Pelangi yang disebutkan di dalam Al Quran Surah Al Fathir ayat 27. 

Ini beberapa fakta yang perlu kamu tahu soal gunung ajaib ini.R Rainbow Mountain alias Gunung Pelangi, itulah keajaiban alam yang berada di dalam wilayah Zhangye-Danxia Geological Park. Bukan gunung biasa, sesuai dengan namanya, gunung ini mempunyai garis-garis berwarna-warni menyerupai pelangi.

Adalah Danaxia Landform fenomana lanskap yang ditemukan di sebelah tenggara dan barat daya China, Tepatnya berada di Kota  Zhangye, di Provinsi Gansu, China.
The Zhangye Danxia Geological Park Nasional(China: 张掖 丹霞 国家 地质 公园),  Keluasannya seluas 510 kilometer persegi (200 sq mi).

Gunung Pelangi ini memang ajaib, bahkan gunung ini disebut dalam Al Quran Surah Al Fathir ayat 27:

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." [QS: Al Fathir [35]: 27]

Berikut ini fakta-fakta dari Gunung Pelangi :

1. Dahulu ia sebuah laut
Bentuk lanskap yang bergunung-gunung di Zhangye-Danxia seperti yang kita lihat sekarang, ternyata dahulunya sebuah laut. Ia berusianya dalam lingkungan jutaan tahun.

"Jutaan tahun yang lalu, dataran ini adalah sebuah laut. Lama kelamaan, air mula surut dan kering lalu tejadilah sebuah datarannya. Jadi permukaan yang kita lihat sekarang adalah sebuah dasar laut dahulunya," menurut penduduk setempat yang merupakan pemandu pelancung di situ..

2. Terbentuk akibat letusan gunung berapi
Lapisan tanah yang berwarna-warni di gunung ini terbentuk dari letusan gunung berapi bawah laut yang sudah terjadi jutaan tahun silam. Kejadian Letusan ini bukan hanya sekali, tetapi berkali-kali.

"1 juta tahun yang lalu, terjadinya letusan gunung berapi, yang telah memuntahkan larva yang merupakan zat-zat terdiri daripada kalsium, besi dan tembaga,"




3. Setiap warna garis gunung mengandung logam dan mineral
Setiap letusan gunung berapi, membawa material logam dan mineral yang berbezaa. Material terdiri dari tanah yang mengandung kalsium, sulfur, besi, dan juga tembaga. Maka terhasilah pelbagai warna.

4. Penemuan yang tidak disengajakan..
Kecantikan Gunung Pelangi China ini ditemukan secara tidak sengaja oleh penduduk setempat yang sedang bersiar-siar di kawasan gunung ini kemudian tanpa disedari telah menemukan pemandangan yang indah dan mengagumkan.

Pada tahun awal 2000-an dengan rasminya dinamaka Gunung Pelangi. Semenjak itu Gunung Pelangi mula disebut-sebut oleh penduduk setempat, dan telah menjadi tempat tumpuan oleh pencinta landskap. Lama kelamaan foto Gunung Pelangi mula tersebar sehingga mengundang orang diseluruh Dunia untuk melihat sendiri keunikan Gunung Pelangi ini.




5. Akhirnya, Zhangye Danxia Scenic Spot ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage pada tahun 2010, gunung paling unik dan indah di mata dunia..
Kini Gunung Pelangi telah menjadi salah satu tempat tumpuan diseluruh Dunia.. sembang pacak

0 comments

Catat Ulasan